Si Kemangi Yang Baik …

Salah satu manfaat daun kemangi dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk lalap. Daun kemangi memiliki aroma khas yang cukup kuat namun lembut. Daun kemangi sebagai lalapan sering disajikan bersama-sama dengan sambal, daun kubis, dan irisan mentimun. Daun kemangi yang memiliki aroma tajam banyak digunakan baik dalam keadaan keringan atau masih segar, baik hanya sebagai penganan lalap sambal ataupun digunakan dalam pengobatan herbal. Bila Anda menyukai kemangi, Anda juga bisa mengobati diri sendiri karena daun kemangi memiliki manfaat untuk kesehatan. Ada zat dalam tanaman herbal ini yang dapat membantu menenangkan perut Anda. Bahkan, peneliti percaya, daun kemangi mempunyai peran dalam mencegah kanker.


Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan

  Khasiat daun kemangi untuk kesehatan sangat beragam. Salah satunya Adalah jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut ataupun bau badan, Anda dapat mengonsumsi lalap kemangi segar setiap hari secara rutin. Namun jika Anda kurang suka dengan rasanya, Anda dapat membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan daun kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.

John Henry M. dalam bukunya berjudul ”A Dictionary of Practical Material Medical” mengatakan bahwa khasiat daun kemangi atau sari daun kemangi yaitu dapat menyembuhkan penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS , membuktikan bahwa daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, hingga penyakit ginjal.

Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikan manfaat daun kemangi untuk mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Daun kemangi sering disuling karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi dimana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma. Namun, jika Anda adalah Ibu hamil jangan menggunakan minyak ini karena dapat menyebabkan resiko keguguran.

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung. Bahkan, bagi Anda yang memiliki keluhan ejakulasi, daun kemangi mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.

Khasiat Kemangi Menjaga Sel Sehat Melawan Kanker

• Penelitian ini masih awal, tetapi penelitian laboratorium menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kemangi dapat membantu mengganggu rantai berbahaya yang dapat mengarah pada perkembangan kanker.

• Dalam suatu studi, peneliti di India memberikan makanan pada sekelompok hewan dengan ekstrak kemangi, sedangkan hewan dalam kelompok kedua hanya diberi makanan biasa. Setelah 15 hari, hewan yang diberi ekstrak kemangi memiliki tingkat lebih tinggi dari enzim yang dikenal untuk menonaktifkan zat penyebab kanker dalam tubuh.

• Para peneliti berspekulasi, kemampuan daun kemangi untuk mencegah perubahan kanker tidak hanya satu senyawa tertentu dalam ramuan melainkan untuk beberapa senyawa yang saling bekerja sama, . Meskipun terlalu dini untuk mengatakan apakah kemangi akan memiliki efek yang menguntungkan yang sama pada manusia, hal ini bukan berarti anda tidak boleh untuk menambahkan ramuan beraroma ini pada menu Anda.
Daun Kemangi Untuk Membantu Pencernaan

• Jika anda susah untuk k*ntut (maaf), cobalah menghirup secangkir teh kemangi. Tanaman herbal ini memiliki reputasi untuk meringankan berbagai gangguan pencernaan, terutama gas.

• Tidak ada yang tahu persis mengapa kemangi bisa digunakan untuk menenangkan gangguan perut. Satu penjelasan yang mungkin adalah terdapatnya senyawa yang disebut eugenol. Senyawa, yang ditemukan dalam kemangi, telah ditunjukkan untuk membantu meringankan kejang otot. Ini bisa menjelaskan mengapa kemangi muncul untuk membantu memudahkan gas keluar dan kram perut.

• Untuk membuat teh kemangi, tuangkan 4 cangkir air mendidih kepada 1 sampai 2 sendok teh daun kemangi kering. Biarkan minuman itu selama 15 menit, lalu saring dan sajikan. Orang yang sering memiliki permasalahan dengan gas di perut anda, anda dapat mengambil manfaat dengan minum 2 sampai 3 cangkir sehari di antara waktu makan.

• Kemangi kering yang terkena panas, cahaya, atau udara dalam waktu yang lama akan menyebabkan banyak senyawa pelindung rusak. Untuk mengambil manfaat yang optimal dari ekstrak kemangi dan memiliki efek penyembuhan yang lebih kuat, penting untuk menyimpan kemangi di tempat yang sejuk dan gelap, sebaiknya dalam gelas atau wadah tertutup.

Baca juga: Daun kemangi untuk mengatasi Ejakulasi Dini

sumber : http://www.turunberatbadan.com , http://www.obatherbalalami.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s